Peluang Usaha Jamur Tiram Modal 100 Ribu | Bisnis 2020

Peluang Usaha Jamur Tiram Modal 100 Ribu | Bisnis 2020

Peluang usaha jamur tiram merupakan salah satu peluang usaha yang bisa terbilang sangat menjanjikan, mengapa ? Sebab untuk mulai menjalankan usaha ini modal yang harus kamu keluarkan tidak begitu banyak tetapi kamu bisa mendapatkan hasil keuntungan lebih banyak.
Usaha jamur tiram ini termasuk kedalam ranah usaha pertanian. Nah.. bila kamu ingin mulai menjalankan usaha jamur tiram ini, sekarang lah waktu yang tepat karna kesempatan kamu akan sangat besar sebab persaingan bisnis di ranah ini terbilang sangat sedikit sekali, apalagi dapat dibilang permintaan nya masih lebih banyak dari pada hasil produksi jamur tiram nya sendiri.
Oke.. lalu hal apa saja yang wajib kamu siapkan bila ingin mencoba menjalankan usaha jamur tiram ini?
1. Ruangan Tanam
Hal yang pertama kamu perlukan adalah ruagan tanam, ruangan tanam ini berperan sebagai wadah tempat menyimpan baglog atau tempat penyimpanan bag log kamu nantinya.
Kamu bisa menaruh rack susun yang terbuat dari kayu didalam ruangan tanam tersebut sebagai tempat buat menyusun bag log agar terlihat rapi. Nah.. jumlah rack nya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan berapa banyaknya bag log yang kamu miliki dirumah.
Namun jika kamu tidak mempunyai ruangan kosong dirumah, kamu bisa mencoba membuat sebuah gubuk di luar rumah yang khusus buat dijadikan sebagai media ruangan tanam kamu, dan jika modal awal kamu sedikit, kamu bisa juga mengakali nya dengan menggunakan plastik pertanian sebagai pengganti baglog nya. Sebab plastik bisa dibilang lebih murah daripada baglog. Tapi setidaknya kamu bisa jadi ebih berhemat pengeluaran sedikit.
2. Bag Log
Apa itu Bag log ? Bag log merupakan media tanam jamur tiram, di indonesia sendiri bag log umumnya berbentuk platik yang menyerupai sebuah tabung yang diisi dengan serbuk kayu. Tetapi di dalam bag log ini bukan cuma serbuk kayu saja ya.. di dalam bag log ini pula juga sudah dimasukan beberapa benih jamur tiram.
Bagi kamu yang ingin mendapatkan atau ingin membeli Bag log ini kamu dapat membelinya di para petani jamur tiram, untuk di daerah jawa timur biasa nya bag log  jamur tiram ini cuma dihargai Rp. 2. 500.
Nah.. jika kamu termasuk salah satu orang yang berdomisili di pulau jawa, mungkin biaya yang harus kamu keluarkan tidak jauh dari harga tersebut.
Namun jika kamu tidak memiliki modal kamu bisa memgakalinya dengan membuat bag log sendiri, tetapi bisa jadi kamu akan sedikit kesulitan nantinya karena kamu harus mencari serbuk kayu, lalu memfermentasi serbuk kayu, mengisinya di plastik, membuat benih jamur, dll.
Jika kamu masih seorang pemula dalam usaha jamur tiram ini, saya sarankan lebih baik untuk membeli bag log terlebih dulu sebagai media uji coba untuk memulai usaha jamur tiram ini.
Karna 1 baglog pada umumnya bisa digunakan untuk memproduksi 6 kali panen jamur.
3. Alat dan Perlengkapan
Alat dan perlengkapan yang bisa jadi akan kamu butuhkan nantinya seperti semprotan burung, thermometer ruangan serta gunting besar.
Semprotan burung sendiri akan digunakan untuk menyemprotkan embun air di bag log, agar bag log terus memperoleh konsumsi air,  dan tidak hanya itu saja air ini sendiri dapat berperan buat melindungi bag log supaya tetap terjaga dalam kondisi lembab, sehingga benih jamur tersebut dapat terus hidup.
Kegunaan thermometer sendiri merupakan sebagai alat untuk mengecek bagaimana suhu dan keadaan temperatur di dalam ruangan menaruh baglog, apakah ruangan tersebut sejuk ataukah panas, sehingga apabila nantinya jika cuaca sangat panas, kamu dapat dengan cepat mengetahuinya dan akan lebih mudah untuk mengambil aksi dengan menyemprot baglog – baglog tersebut dengan air.
Selanjutnya gunting besar, gunting besar ini bisa kamu pakai nantinya buat memanen jamur yang sudah siap panen.
Berapa modal yang wajib disiapkan?
Nah.. hal selanjutnya yang mungkin saja akan menjadi pikiran anda adalah berapa modal yang harus disiapkan dan berapa yang akan dikeluar kan untuk bisa memulai usaha jamur tiram ini.
Sebenarnya untuk modal awal kamu bisa saja memulai usaha ini dengan modal mulai dari 100 ribu, dengan uang segitu nantinya anda bisa membeli beberapa baglog jamur tiram, anda bisa membeli sedikit terlebih dahulu sebagai percobaan dan media pembelajaran dirumah, dan jika anda sudah paham bagaiman cara menanam jamur tiram, cara merawat hingga cara memanen jamur tiram, dan juga kamu sudah mendapatkan hasil keuntungan dari jamur tiram tersebut, kamu bisa menambah modal kamu lebih banyak lagi sehingga produksi kamu pun bisa meningkat dengan sangat pesat.
Cara Penjualan Jamur Tiram

Terakhir adalah bagaimana cara menjual jamur tiram, karena jika anda tidak bisa menjual atau memasarkan jamur tiram tersebut maka anda juga pastinya akan mengalami kerugian besar nantinya, jadi sebelum kamu ingin memanen jamur tiram, kamu harus sudah terlebih dahulu mencari pembeli atau pedagang sayur di pasar yang mau menampung jamur tiram kamu, kamu bisa menawarkan jamur kamu tersebut kepada mereka.
Nah nantinya jika usaha kamu ini sudah memiliki nama beser, tentu saja kamu tidak perlu lagi untuk keluar rumah, karna sudah pasti para pedagang sayur akan berebut mendatangi rumah kamu untuk membeli jamur untuk dijual kembali. Namun jika usaha kamu sudah berhasil jangan lupa untuk bersedekah kepada yang membutuhkan.
Mungkin sekian informasi dari masriyo tentang Peluang Usaha Jamur Tiram Modal 100 Ribu. Semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu.