7 Kriteria Penilaian dalam Kompetisi Barista yang Tidak Banyak Diketahui

7 Kriteria Penilaian dalam Kompetisi Barista yang Tidak Banyak Diketahui

Menjuarai ajang kompetisi barista bisa menjadi pintu bagi anda yang ingin menjadi barista profesional.

Gara-gara itu kejuaraan barista seperti Indonesia Barista Championship (IBC), Indonesia Brewers Championship (IBrC) maupun Indonesia Latte Art Championship (ILAC) banyak menjadi incaran para barista di Indonesia.
Tapi, untuk bisa menjadi juara pada kompetisi barista tersebut tentu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Dengan peserta dari berbagai macam latar belakang membuat persaingan dalam kejuaraan ini menjadi begitu ketat.
Ada dua tujuan utama seseorang ikut dalam kompetisi barista.
  1. Mereka yang memiliki tujuan untuk menjuarai kompetisi
  2. …atau mereka yang hanya ingin mencari pengalaman
Untuk tipe yang kedua biasanya belum banyak pengalaman. Bahkan, tidak tau seperti apa kriteria penilaian untuk bisa menjadi pemenang dalam kompetisi tersebut.
Tapi tenang….
Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa kriteria penting yang biasanya menjadi poin penilaian dalam kejuaraan barista baik dalam kompetisi lokal maupun internasional.
Ngomong-ngomng….
Yang saja bahas disini adalah kompetisi menyeduh. Namun, secara umum beberapa penilaian ini berlaku untuk jenis kompetisi lainnya.
Kalau anda memiliki target untuk menjadi pemenang, mengetahui poin-poin apa saja yang masuk dalam kategori penilaian itu sangat penting. Jangan sampai anda melakukan persiapan yang percuma hanya karena hal tersebut tidak masuk dalam persiapan.

1. Hasil akhir Seduhan

Sebaik apapun teknik ataupun peralatan yang kamu gunakan saat kompetisi tidak akan ada gunanya jika hasil akhir dari seduhan anda tidak bisa membuat para juri terkesan. Ini juga berlaku untuk beberapa jenis kejuaraan lain seperti latte art misalnya.
Bagi para juri hal ini merupakan salah satu aspek paling penting dalam penilaian. Bagi para peserta tentu saja harus mempersiapkan sebuah sajian terbaik untuk di sajikan kepada para juri.
Karena hal ini penting, anda perlu melakukan banyak percobaan dan juga latihan untuk menemukan cita rasa terbaik yang bisa membuat juri terkesan dengan sajian yang anda berikan.
Namun, terkadang sangat sulit untuk membuat juri terkesan dengan apa yang kita sajikan. Untuk itu selain hasil seduhan, originalitas juga menjadi salah satu aspek penilaian dalam setiap kompetisi barista.

2. Teknik

Seperti yang kita tahu bahwa dalam menyeduh kopi terdapat berbagai jenis teknik yang bisa kita gunakan. Baik dalam menyeduh maupun saat melakukan presentasi di hadapan para juri.
Ngomong-ngomong…
Bagi anda yang masih asing dengan kompetisi barista. Biasanya dalam sebuah kompetisi barista seorang peserta sambil menyeduh di haruskan untuk menceritakan berbagai hal seperti kopi apa yang mereka bawakan, cara yang mereka gunakan dan berbagai hal lainnya.
Setiap gerakan dan sequence anda saat kompetisi tidak luput dari penilaian para juri. Untuk itu, sebisa mungkin hindari berbagai gerakan yang tidak perlu karena dapat memberikan penilaian buruk dari para juri.

3. Kecepatan

Dalam sebuah kompetisi biasanya ada “aturan main” yang harus di ikuti oleh para peserta.
Begitu juga dalam ajang kejuaraan barista dan salah satunya mengharuskan anda untuk cekatan dalam perlombaan. Biasanya dalam sebuah kompetisi anda hanya di berikan waktu sekitar 10-15 menit untuk membuat beberapa minuman berbahan dasar kopi.
Manfaatkanlah waktu tersebut sebaik mungkin dan kalau bisa jangan sampai melewati batas waktu yang di tentukan. Jangan sampai  anda mendapatkan pengurangan nilai hanya karena melewati batas waktu yang di tentukan.

4. Public speaking atau kemampuan presentasi

Untuk menjadi juara bukan hanya kemampuan dalam menyeduh saja yang anda butuh kan. Lebih dari itu, kemampuan story telling ataupun presentasi saat berlomba bisa menjadi poin penting yang tidak boleh terlewatkan.
Sering kali banyak peserta yang gagal hanya karena presentasi yang tidak maksimal saat berlomba. Ketahuilah bahwa kemampuan anda dalam menyajikan sebuah cerita saat menyeduh kopi di hadapan para juri merupakan sebuah faktor yang penilaian yang sangat penting.
Untuk bisa melakukan presentasi yang baik di hadapan para juri, ada dua hal penting yang penting untuk di perhatikan.
  1. Dapat menarik perhatian
Gunakan gaya Bahasa yang baik dengan penuh semangat agar bisa mendapatkan perhatian juri. Buatlah penampilan anda menjadi pusat perhatian bagi banyak orang dan hal ini akan memberikan nilai tambah bagi anda di mata para juri.
  1. Informatif
Jangan berbicara tentang hal-hal yang tidak berkaitan dengan kompetisi karena tidak akan memberikan manfaat apa pun kepada anda. Justru, hal ini bisa mengurangi penilaian anda di hadapan para juri.
Berikanlah berbagai informasi menarik yang masih berhubungan dengan kopi baik itu bahan yang anda gunakan maupun cara yang anda gunakan lomba.
Kalau anda berhasil melakukannya dengan baik, hal ini bisa memberikan nilai lebih kepada diri anda.

5. Kebersihan

Ini merupakan salah satu hal yang sering di lewatkan peserta dalam sebuah perlombaan. Menjaga kebersihan saat perlombaan itu merupakan salah satu poin yang termasuk dalam penilaian.
Meski terlihat sepele, hal ini ternyata bisa anda manfaatkan untuk menambah poin penilaian. Memang tidak mudah untuk membuat kopi secara cepat sambil menjaga area kerja tetap bersih.
Ini karena banyak kemungkinan yang bisa membuat area lomba menjadi kotor seperti bubuk kopi yang tumpah saat menggiling biji kopi.
…bahkan, sedikit noda kecil dalam cangkir kopi yang kita sajikan bisa mengurangi poin dalam perlombaan.
Namun….
Meski batas waktu yang di berikan sangat sedikit, bukan berarti anda tidak memperhatikan kebersihan saat perlombaan. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk terbiasa menjaga kebersihan saat menyeduh kopi. Karena jika anda sudah terbiasa tentu tidak sulit untuk membuat kopi tanpa harus mengotori peralatan ataupun cangkir yang kita gunakan.

6. Kreatifitas

Seorang barista yang handal perlu memiliki kreatifitas baik dalam menyeduh maupun meracik minuman kopi. Hal ini juga menjadi salah satu aspek yang masuk dalam penilaian kejuaraan barista.
Pada beberapa kompetisi anda di haruskan membuat racikan minuman anda sendiri atau yang biasa di kenal sebagai signature beverages.
Dari sinilah kreatifitas seorang barista biasanya di nilai. Sejauh apa kemampuan anda dalam menyajikan sebuah inovasi dalam dunia kopi lewat minuman karya anda sendiri.
Dalam tahap ini biasanya anda diperbolehkan untuk menambahkan berbagai bahan lain untuk membuat signature beverages. Namun, tetap harus memiliki kopi sebagai bahan dasar utamanya.

7. Pengetahuan dalam dunia kopi

Seorang barista yang memiliki pengetahuan yang sangat luas tentu memiliki peluang lebih besar untuk menjadi juara. Kalau punya banyak pengetahuan tentu saja anda bisa mempersiapkan materi terbaik untuk di bawakan saat kejuaraan.
Pengetahuan bukan cuma bisa anda dapatkan dengan belajar. Dalam dunia kopi, masih banyak hal yang belum muncul dan bukan tidak mungkin anda adalah orang pertama yang menemukannya. Untuk itu, sering-seringlah melakukan percobaan untuk menambah pengalaman anda dalam dunia barista.

Tips Memilih Nama Cafe atau Kedai Kopi yang Unik dan Keren

Tips Memilih Nama Cafe atau Kedai Kopi yang Unik dan Keren

Untuk para Cafe Owner atau kamu yang sedang berencana ingin memulai bisnis coffee shop pasti membutuhkan sebuah “Nama” yang baik dan bermakna untuk kedai kopi tersebut.

Jika kamu ingin mendapatkan nama cafe yang keren seperti “Crematology atau Filosofi kopi,”  maka kamu harus membaca artikel ini sampai akhir.

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus memiliki nama cafe yang baik.

1. Untuk branding bisnis kamu.
2. Sebagai identitas dari usaha kamu.
3. Agar dikenal oleh pelanggan.
4. Gambaran dari Coffee Shop itu sendiri.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat hal pertama yang paling mudah untuk diingat oleh banyak orang adalah nama cafe tersebut.

Untuk itu kita akan membahas beberapa hal penting terkait cara mencari nama yang tepat untuk coffee shop.

Tips ini juga bisa kamu pakai untuk berbagai macam usaha atau bisnis lainnya.

1. Pikirkan dulu Konsep bisnis, baru nama

Banyak orang yang dibuat pusing dalam menentukan nama untuk bisnis mereka. Biasanya karena mereka cuma mencari nama yang di rasa keren ataupun unik.

Padahal sebenarnya kamu bisa lebih mudah menemukan nama yang cocok dengan bisnis kamu jika sudah memiliki konsep bisnis yang jelas.

Dari konsep yang  telah kamu miliki biasanya bisa menggambarkan bisnis kamu secara spesifik.

Dari sana kamu bisa mencari nama yang bisa mewakili identitas bisnis yang kamu miliki.

2. Tidak harus selalu unik

Banyak orang memaksakan sebuah nama yang unik untuk bisnisnya. Meski dapat memberikan daya tarik kepada pelanggan, nama yang unik belum tentu cocok untuk bisnis kamu.

Jika kata tersebut tidak dapat mewakili bisnis kamu, lebih baik jangan dipaksakan.

3. Cari nama yang mudah disebutkan dan diucapkan agar mudah diingat

Ini adalah point terpenting yang harus kamu perhatikan saat mencari nama yang tepat untuk bisnis kamu.

Orang akan lebih mudah ingat dengan sebuah nama yang mudah diucapkan dan disebutkan.

Semakin umum nama tersebut maka semakin baik.

Contohnya:

Pizza Hut – Setiap kamu menemukan kata pizza, apa hal pertama yang terlintas di pikiran kamu?

“Pizza Hut, bukan?”

Coffee Bean – lalu bagaimana dengan nama yang satu ini? “Kamu pasti tau kan!”

kurang lebih seperti itu bagaimana kekuatan sebuah “Brand” yang dapat melekat dan mudah diingat oleh banyak orang.

4. Memiliki makna yang dapat mewakili Bisnis kamu

Setiap kata pasti memiliki makna di dalamnya. Kamu perlu mencari sebuah kata yang memiliki makna khusus yang dapat mewakili bisnis yang akan kamu bangun.

Misalnya,  untuk coffee shop akan lebih baik memilih kata yang berhubungan dengan dunia kopi.

Bisa dari nama minuman, jenis kopi atau berbagai hal lainnya yang masih berhubungan dengan kopi.

Mengapa harus seperti itu?

Tujuannya agar saat orang mendengar kata tersebut, hal pertama yang mereka ingat adalah brand yang kamu miliki.

5. Jangan meniru nama usaha lain yang sudah ada

Beberapa orang bisa saja berfikir untuk mendapatkan keuntungan dengan memodifikasi nama brand besar yang sudah ada dengan harapan dapat “kecipratan” popularitas dari brand tersebut.

Meski terkesan menguntungkan untuk kamu, hal ini bisa saja menjadi bumerang bagi bisnis kamu.

Pada saat ini, originalitas sebuah nama menjadi sebuah hal yang sangat penting.

Jika kamu melakukan hal ini dapat memberikan kesan buruk kepada para pelanggan.

Kesan menjiplak dan tidak kreatif bisa saja dapat melekat lebih kuat dipikiran para pelanggan dari pada image bisnis kamu.

6. Ambil sebuah nama dengan penuh keyakinan

Puluhan atau mungkin ratusan daftar nama yang bagus sudah kamu miliki.

Kemudian muncul lagi masalah baru, “mana yang paling baik?”

Untuk mendapatkan nama terbaik kamu harus mengambil sebuah keputusan dengan penuh keyakinan.

“Jangan ragu!”

Pada dasarnya semua nama yang kamu pilih pastilah bagus. Terkadang semua ide di atas bisa saja tidak berlaku untuk kamu.

Menjadi daerah atau nama sebuah tempat bisa juga menjadi salah satu ide yang baik.

Sekarang tinggal kamu berani bertindak.

“Semoga kamu mendapat nama terbaik untuk cafe ataupun segala bentuk bisnisyang kamu jalankan ya!.”

Pengertian Tentang Kata Kunci Dalam Sebuah Artikel

Pengertian Tentang Kata Kunci Dalam Sebuah Artikel

Dalam mengoptimasi artikel blog kata kunci sangat berperan penting dalam SEO, namun dalam pemilihan kata kunci harus relevan dengan konten halaman yang akan kita optimasi.
pengertian tentang Kata kunci adalah sebuah kata yang akan dioptimalkan pada blog maupun artikel kita dengan kumpulan kata kata yang kita gunakan agar halaman blog kita dapat di temukan oleh pengunjung melalui search engin,dengan pemilihan kata kunci yang optimal dan tepat akan menentukan posisi blog maupun artikel kita search engine.
dalam optimasi di beberapa artikel kita kata kunci sangat berperan penting dalam menentukan persaingan blog maupun artikel kita di serp, di samping itu sangat penting hubungannya dengan optimasi SEO pada artikel blog kita, sehingga artikel yang kita optimasi menjadi  lebih SEO friendly terhadap search engine, Kepadatan kata kunci adalah bagian penting dalam mengoptimalkan artikel kita untuk mesin pencari semua itu tergantung pada penggunaan dan kepadatan kata kunci yang kita gunakan pada optimasi artikel yang kita tulis.

Berikut beberapa posisi kata kunci yang optimal:

#Kata kunci URL.
Kata kunci dalam URL dari blog kita sangat berpengaruh dalam menemukan posisi blog kita yang kita optimasi dengan kata kunci yang kita target.karena kata kunci URL lebih gampang tercrawl oleh mesin pencari karena memiliki frase kata yang lebih kuat sehingga search engine lebih banyak meload blog kita di halaman mesin pencari, Sebagai contoh: Untuk pencarian dengan kata kunci belajar bisnis online”belajar bisnis online”dengan domain http://www.belajar bisnis online.com , maka halaman blog maupun artikel kita bisa mendapat posisi terbaik di halaman search engine dengan kata kunci tersebut.
 Untuk pengertian kata kunci URL silakan baca artikel ini.

#Kata kunci dalam judul atau “title”
Salah satu yang paling penting dari blog maupun artikel yang kita optimasi adalah isi tag “Judul” dari isi blog maupun artikel kita,sehingga search engine akan lebih mudah meload judul dari isi halaman blog maupun artikel kita dengan kata kunci yang kita target pada search engine.

#kata kunci dalam konten/artikel
kata kunci dalam konten/artikel dalam blog kita sangat berpengaruh terhadap persaingan kata kunci di search engine,dan perhatikan juga  pentingnya untuk menentukan relevansi kata kunci. Selain itu kita juga harus mempertimbangkan keyword density atau kepadatan kata kunci tersebut.

#Kata kunci dalam gambar artikel.
Image atau gambar dalam postingan artikel kita memberi nilai tersendiri terhadap pengunjung,sehingga artikel tersebut terlihat menarik dan tidak monoton, namun tidak begitu dengan robot Spider search engine,spider tidak dapat membaca gambar dan diagram, sehingga spider akan mengindeks atribut alt pada gambar atau image tersebut.

#Kata kunci dalam meta tags
Hal terpenting adalah untuk menempatkan kata kunci pada meta tags description dan keyword.karena robot spider search engine akan mengindeks blog tersebut dari meta tags deskripsi kemudian judul posting artikel pada blog kita.

Dan berikut kata kunci pembantu:

#Kata kunci sekunder.
Dalam mengoptimalkan kata kunci sekunder sangat berpengaruh meskipun tidak terlalu signifikan,kata kunci sekunder sendiri berfungsi sebagai pendukung kata kunci utama,contoh Misalnya jika kata kunci utama “ cara membuat blog”. Kita dapat memilih kata kunci sekunder “cara mudah membuat blog” ,”cara bikin blog baru”. Kemudian kata kunci tersebut kita tempatkan dalam postingan artikel kita.

Yang harus dihindari dalam optimasi kata kunci:

Tetapi penting untuk dicatat bahwa ada juga yang namanya lebih mengoptimalkan artikel kita dengan kata-kata kunci tertentu, hal ini dikenal sebagai kata kunci isian.
kata kunci isian adalah sebuah kata kunci yang mempunyai frase maupun density terlalu kuat dan berlebihan,dan ini terjadi karena terlalu banyak nya kata kunci dalam satu posting artikel kita,istilah nya adalah over keyword, Bila kita lebih mengoptimalkan artikel kita dengan kata kunci isian dalam sebuah artikel maka robot spider mesin pencari akan mendeteksi bahwa kita mencoba untuk mengelabui ke dalam menempatkan artikel kita tinggi dalam hasil mesin pencari untuk kata itu, dan sebagai gantinya search engine akan menghukum situs kita  dan halaman situs kita.
Hal ini bahkan dapat mempengaruhi peringkat halaman lain atau mendapatkan situs kita dalam daftar hitam dari mesin pencari utama jika Anda menemukan isian kata kunci terlalu banyak dalam artikel kita. Kepadatan kata kunci adalah berapa kali kata kunci kita ditempatkan dalam artikel blog kita. Kebanyakan menggunakan persentase untuk menentukan berapa kali mereka akan menempatkan kata kunci pada artikel. Misalnya, jika kita memiliki artikel dengan panjang 400 kata  dan ingin mencapai kepadatan kata kunci dari 6%, maka kita akan perlu memiliki kata kunci dalam artikel Anda tepat 24 kali. Sebuah artikel yang efektif harus memiliki kepadatan kata kunci antara 3% sampai 8% dari artikel secara keseluruhan. Jika kita menggunakan kepadatan sangat tinggi dan lebih mengoptimalkan kata kunci artikel melebihi batas kewajaran mesin pencari maka akan ditandai artikel blog kita sebagai spam. Memiliki kepadatan kata kunci yang tepat dalam artikel blog kita akan membuat artikel blog kita akan naik dalam hasil mesin pencari dan dilihat oleh lebih banyak orang. Tapi kita harus ingat harap berhati-hati ketika kita mengoptimalkan artikel, jangan melebihi batas mengoptimalkan artikel blog kita dengan kepadatan kata kunci sangat tinggi, itu akan membuat situs kita akan masuk dalam daftar hitam dari mesin pencari.

Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita

Cara Mudah Mengedit Tulisan Agar Enak Dibaca

Cara Mudah Mengedit Tulisan Agar Enak Dibaca

Menulis adalah aktivitas yang menyenangkan bagi orang yang sudah kecanduan.
Bila belum kecanduan segera memulai untuk menulis, karena menulis itu menyenangkan hati.
Dan juga mendapatkan kebahagiaan yang dua kali lipat.
Pertama dari aktivitas menulis itu sendiri.
Kedua, Bahagia apa bila ada orang yang membaca tulisan kamu dan terinspirasi untuk melakukan kebaikan.
Mantap ‘kan? Jadi segeralah memulai.
Mengedit tulisan agar menjadi bagus adalah hal yang gampang gampang susah.
Karena terkadang kita sendiri tidak sadar dengan apa yang kita tulis.
Maka dari itu kemampuan untuk mengedit suatu tulisan sangatlah penting agar tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca oleh diri sendiri mau pun oleh orang lain.
Ada 3 cara mudah untuk mengedit tulisan, agar orang lain mau membaca apa yang kamu tulis.
Baiklah. Saya akan membagikan cara ini kepada kamu. yang kamu bisa lakukan sesegera mungkin.
1. DILAFALKAN

Inilah yang diajarkan oleh Sang Maestro dalam Dunia Kepenulisan, yakni Ibu Sofie Beatrix.
Beliau mengatakan pentingnya untuk mengedit suatu tulisan agar enak dibaca.
Sebelum dipublikasikan alangkah baiknya kita baca dan disuarakan. Alias DILAFALKAN.
Karena dengan begini, kita akan tahu dimana letak keganjilan tulisan kita yang sebenarnya.
Karena membaca dalam pikiran (baca: suara dalam pikiran) berbeda ketika kita melafalkannya, alias membaca dengan suarakan.
Kamu bisa baca minimal 3 kali, karena kita akan lebih teliti dengan apa yang kita baca.
Sehingga kita akan mengecek kata atau kalimat mana saja yang kurang tepat untuk disisipkan.
Maka kita akan mudah mengganti mana yang harus diganti agar bisa dibaca dengan nyaman.
Ingat! Perasaan kamu juga bisa dijadikan ukuran tulisan kamu.
Kalau kamu nyaman dengan tulisan sendiri. maka orang lain pun akan nyaman dengan tulisan kamu.
Intinya kamu baca tulisanmu sebelum dipublikasikan kepada khalayak.
Baca dan resapi mana saja yang perlu diganti atau pun ditambah.
Penting sekali, agar tulisan kamu enak dibaca oleh pembaca.
2. MEMPOSISIKAN DIRI SEBAGAI ORANG LAIN
Kita memiliki kemampuan untuk menjadi orang lain dalam arti persepsi.
Kita bisa memposisikan apa yang orang lain rasakan dan pikirkan.
Misal dengan mengajukan pertanyaan “wah, gimana rasanya ya kalau Saya ada di posisi dia (orang yang sedang terkena musibah banjir)?”.
Maka persepsi kita akan menampilkan bagaimana rasanya.
Ini pun berlaku ketika kamu selesai menulis dan ingin mempublikasikan kepada khalayak.
Maka agar mengetahui tulisan kamu enak dibaca atau tidak adalah salah satunya MEMPOSISIKAN DIRI sebagai orang lain.
Karena kita ingin tahu bagaimana kalau orang lain yang baca tulisan kita.
Berbeda dengan diri kita sendiri yang membacanya.
Langsung saja berkata dalam diri sendiri “aku ijinkan menjadi orang lain untuk mengoreksi tulisan ini” atau membayangkan mengganti kepala penulis menjadi kepala editor.
Entah bagaimana ilustrasinya. Yang jelas itu kamu bisa imajinasikan. Hehe.
kamu baca lagi tulisanmu dalam posisi menjadi orang lain.
Apa yang kamu rasakan kalau membaca ini.
Kalau ada yang ganjil dalam rangkaian kata. 
Ganti saja. Agar lebih enak dibaca.
Cobalah baca lagi, apakah masih ada yang ganjil. Kalau sudah enak dibaca.
Bisa kamu lanjut ke paragraf berikutnya dan baca sampai selesai.
3. MEMINTA ORANG LAIN membaca tulisan Kamu

Walaupun kamu telah melakukan cara pengeditan seperti di atas.
Kamu bisa meminta tolong orang terdekat atau mentor kamu untuk membaca tulisanmu.
Karena mereka benar benar sangat teliti dan mudah mencari kesalahan dalam tulisan kita.
Sepertinya halnya mudah mencari kesalahan orang lain. Hehe.
Lebih baik arahkan mencari cari kesalahan itu ke arah yang positif.
kamu bisa langsung ke cara ketiga ini. Tanpa harus ke cara kedua terlebih dahulu.
Tetapi untuk cara pertama Saya sarankan agar dilakukan.
Karena benar benar akan berbeda hasilnya kalau tulisan kamu dibaca dengan nada alias dilafalkan.
Mungkin kamu bertanya “kan Saya masih pemula dan ingin terus belajar menulis. Lalu siapa mentor yang bisa Saya jadikan mentor?”.

Di akhir tulisan ini Saya juga akan memberikan referensi mentor yang cocok kamu jadikan mentor.
Semakin kamu sering menulis dan mengedit tulisan maka kebiasaan dalam menulis akan semakin mudah dilakukan.
So, sering seringlah untuk berlatih.

Langkah-langkah Menanamkan Empati pada Anak Sejak Dini

Empati merupakan kemampuan kita untuk ikut memahami dan merasakan apa yang dialami dan dirasakan oleh orang lain. Penanaman empati pada diri anak harus dimulai sedini mungkin, sebab empati merupakan salah satu emosi inti yang menjadikan anak memiliki kepekaan dalam memahami apa yang dirasakan oleh orang lain.

Empati akan menjadikan anak menjadi peka akan kebutuhan dan perasaan orang lain sehingga akhirnya muncul dalam diri mereka suatu motivasi untuk membantu meringankan beban dan penderitaan yang dirasakan oleh orang lain.
Ketika empati telah mulai tertanam dalam diri anak, mereka akan cenderung bersikap dan berbuat untuk orang lain dengan penuh cinta dan kasih sayang.
Kekuatan empati akan mendorong anak untuk bertindak dengan positif dan menghindari perilaku maupun sikap yang dapat merugikan atau menyakiti perasaan orang lain.
Empati pada diri anak akan berkembang dengan baik jika terus dipupuk melalui bimbingan dan arahan dari orang tua dan lingkungan di luar keluarga yang kondusif. 
Pada intinya empati merupakan sebuah kecerdasan moral di mana seorang anak dapat memahami emosi dalam diri orang lain.
Langkah-langkah berikut ini bisa dilakukan oleh orang tua dalam rangka menumbuhkembangkan sikap empati pada anak:
Memberikan bantuan pada anak untuk dapat memahami emosi orang lain dan juga mengenalkan kata-kata yang berhubungan dengan empati dan emosi. Hal ini diperlukan oleh anak agar ia dapat mengenali dan memahami emosi orang lain yang beraneka ragam.
Membantu anak dalam meningkatkan kepekaannya terhadap apa yang dirasakan oleh orang lain dengan cara-cara tertentu yang pada intinya anak akan menjadi tau akan apa yang dibutuhkan dan dirasakan oleh orang lain.
Melatih anak untuk dapat bersikap dengan sudut pandang orang lain, bukan hanya dari sudut pandang atau perspektif dirinya sendiri. Dengan begitu, anak tidak akan menjadi orang yang cenderung egois dan membenarkan semua pandangan pribadinya.
Tiga langkah sederhana ini apabila dilakukan secara intens dan kontinyu insyaallah lambat laun akan mampu membentuk empati pada diri mereka di tengah dunia yang serba individualis dan hedonis-materialis seperti sekarang ini.
Seperti penelitian yang dilakukan oleh John Gottman, ditemukan bahwa kemampuan anak dalam memahami dan merasakan emosi orang lain dapat tumbuh dan berkembang dengan baik jika dibimbing langsung oleh orang tua. Temuan ini mengindikasikan bahwa peran lingkungan keluarga sangat menentukan tingkat empati pada anak-anak.
Dalam rangka mendidik anak tentang empati dan emosi, orang tua dapat melakukan empat hal yang disingkat dengan “TALK” sebagai berikut:
1. Tune-in
Orang tua berperan menjadi contoh bagi sikap empati itu sendiri dengan cara memperhatikan dan memahami perasaan anak. Banyak orang tua yang mengabaikan hal ini. Seringkali mereka bersikap acuh dan tidak terlalu peduli dengan apa yang dirasakan oleh anak-anak mereka. Akibatnya, anak akan menjadi lebih tertutup dan enggan berkomunikasi secara intens dengan orang tuanya sendiri.
2. Acknowledge
Yaitu upaya orang tua untuk mencari tau penyebab munculnya beragam emosi dalam diri anak. Orang tua tidak selalu dapat memahami penyebab munculnya emosi tertentu pada anak. Terkadang mereka perlu untuk bertanya sebagai bentuk dari sikap empati mereka pada anak.
3. Label
Label yaitu kemampuan orang tua untuk mengenali dengan baik perasaan anak. Orang tua yang dapat mengenali gejala-gejala emosi yang muncul pada anaknya akan membuat anak itu merasa tenang dan senang karena hal itu membuktikan bahwa orang tua benar-benar sayang, perhatian, dan menghargai perasaannya.
4. Kindle
Berusaha mencari solusi atas masalah-masalah yang menyangkut kebutuhan anak. Anak-anak tidak mungkin dapat menyelesaikan segala permasalahannya sendiri tanpa bantuan dari orang tua. Oleh karena itu, respon orang tua untuk membantu mencari jalan keluar atas permasalahan yang dihadapinya merupakan bentuk empati yang pada akhirnya dicontoh oleh si anak.
Nah, itulah pentingnya menanamkan empati kepada anak sejak dini serta langkah-langkah yang dapat tiempuh oleh para orang tua sebagai pihak yang paling berperan penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan empati dalam diri anak-anak mereka.

5 Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran yang Tepat

Secara etimologis, media berasal dari bahasa latin yang bermakna  perantara. Bentuk jamak dari “Medium” yang berarti perantara atau pengantar sumber pesan kepada penerima pesan. Sedangkan secara  terminologis media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai perantara penyampaian pesan (materi pelajaran) dalam rangka mencapai  tujuan-tujuan pendidikan/pembelajaran. Bertolak dari definisi tentang media di atas, maka Media Pembelajaran adalah segala  sesuatu yang dapat dijadikan perantara penyampaian pesan (materi) dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Setiap materi pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemilihan medianya pun berbeda-beda.
Sebab tidak semua materi dapat efektif apabila disampaikan dengan menggunakan satu ragam atau jenis media. Artinya, dalam memilih media yang paling tepat untuk materi tertentu, ada hal-hal lain yang harus kita pertimbangan dalam proses pemilihannya. 
Lima hal tersebut ialah sebagai berikut:
1. Karakteristik siswa
Kita tau bahwa setiap anak memilik karakter yang berbeda, meski terkadang kita menjumpai anak kembar secara fisik, namun pasti ada sisi-sisi perbedaan dalam karakter mereka. Perbedaan karakteristik siswa dipengaruhi oleh faktor yang ada di luar dirinya dan dari dalam dirinya sendiri.
Maksudnya, latar belakang keluarga, sosial, budaya, maupun ekonomi berperan dalam membentuk karakter siswa. Selain itu faktor bawaan seperti IQ dan kepribadian juga berperan di dalamnya. Inilah yang harus diperhatikan guru dalam memilih media pembelajaran.
2. Tujuan pembelajaran

Penting untuk diperhatikan, tujuan pembelajaran yang baik harus menyentuh tiga ranah sekaligus, yakni ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa. Jangan sampai tujuan pembelajaran hanya difokuskan pada pengembangan salah satu ranah saja, sebab hal itu berpotensi menghasilkan peserta didik yang mengalami “split personality”. Oleh karena itu, pemilihan media pembelajaran harus sejalan dengan tujuan pendidikan yang komprehensif di atas.
3. Sifat bahan ajar

Sifat bahan ajar ini juga perlu diperhatikan. Misalnya, apakah bahan ajar itu bersifat teoritis atau praktis. Bahan ajar yang bersifat praktis, seperti prosedur dan langkah-langkah dalam membuat sesuatu, tentu berbeda dengan bahan ajar yang menuntut penguasaan konsep-konsep yang sifatnya abstrak.
Bahan ajar yang sifatnya hendak menyentuh ranah afektif siswa, tentu tidak tepat apabila menggunakan media pembelajaran yang cenderung merangsang kognitif siswa, begitu pula sebaliknya, dan seterusnya. 😀
4. Pengadaan media

Pengadaan media berkaitan dengan dua hal, yaitu apa saja bentuk medianya dan bagaimana merancang atau mendesainnya dalam sebuah sistem pembelajaran. Alokasi waktu dan anggaran dana sangat penting dalam rangka pengadaan media ini. Dana yang cukup dan waktu pengadaan yang
tidak terburu-buru akan membuat media pembelajaran berfungsi dengan maksimal.
5. Sifat pemanfaatan media

Dilihat dari sifat pemanfaatannya, ada media pembelajaran yang bersifat primer dan ada yang sekunder. Bersifat primer berarti pemanfaatan media tersebut memang sebuah keniscayaan yang apabila diabaikan maka pembelajaran akan terhambat. Misalnya, apabila ada dosen yang dalam
penyampaian mata kuliahnya menggunakan PowerPoint, maka LCD dan komputer menjadi media primer yang harus dipakai. Sedangkan media sekunder sifatnya hanya melengkapi atau membantu media primer.
Itulah lima hal yang harus kita perhatikan dalam memilih media pembelajaran agar materi pelajaran dapat diserap oleh peserta didik secara maksimal, hingga akhirnya tujuan akhir atau goal dari pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Manfaat Optimasi Blog Melalui Sosial Media

Optimasi Blog Melalui Sosial Media

Dalam optimasi blog kita melalui Sosial media bukanlah konsep baru dalam teknik optimasi blog maupun situs kita, karena sistem optimasi Ini telah digunakan selama bertahun-tahun oleh webmaster dan telah menjadi suatu alat promosi yang efektif dan efisien. Social media telah menjadi bagian penting dalam SEO atau sistem optimasi dalam blog kita, namun Sosial media juga tidak dapat berdiri sendiri tanpa SEO, Media sosial merupakan bagian dari alat optimasi untuk memperluas promosi dengan membangun sebuah link, sedangkan SEO adalah suatu tindakan optimasi blog maupun situs kita agar maksimal di hasil pencarian search engine baik google, yahoo, bing dan lain-lain, sehingga kedua teknik optimasi diatas sangat berkaitan erat dan saling mendukung satu sama lain.

Baca Juga : Pengertian Tentang Kata Kunci Dalam Sebuah Artikel.

Dengan memanfaatkan popularitas sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Digg, Pinterst dan sejenisnya sangat penting karena sosial media telah menjadi jalur pemasaran yang efektif dan murah untuk pemilik blog maupun situs dalam memperkuat teknik optimasi mereka.

Berikut manfaat yang kita dapat dari teknik social media optimization.

1. Menetapkan etos kerja yang membuat setiap webmaster, blogger maupun marketer online
menyadari bahwa media sosial adalah ruang publik yang juga merupakan faktor kunci awal dalam kebangkitan reputasi bisnis online yang mereka kembangkan.

2. Sosial media bisa menjadi alternatif ke 2 dari optimasi situs setelah optimasi search engine, Ini merupakan menjadi standar khusus dalam teknik optimasi dimana sesama webmaster maupun blogger akan bersaing berlomba-lomba menarik trafik dan pengunjung sebanyak mungkin dari komunitas sosial media,sehingga menyebabkan terjadinya transformasi jaringan dan ledakan trafik pada situs yang mereka optimasi.

3. Sosial media juga berguna untuk strategi link building, karena mempunyai tingkat kepopuleran link dari situs sosial media sangat tinggi sehingga kita bisa mendapat backlink berkualitas dan relevan yang mengarah kesitus kita.

4. Banyak sekali situs sosial media menawarkan akun gratis buat kita sehingga sangat efisien buat optimasi blog maupun situs kita tanpa mengeluarkan dana sedikitpun buat sarana promosi produk yang akan kita jual melalui situs kita.

Banyak manfaat yang kita dapat dari penggunaan sosial media sebagai sarana optimasi blog kita karena kita bisa membangun link di situs sosial media tersebut sehingga kita mendapat backlink secara gratis,namun disisi kualitas dan relevansi dari situs sosial media tersebut harus kita perhatikan agar kualitas link yang mengarah kesitus kita dapat memberi dampak signifikan baik dari segi seo maupun peringkat.

Optimasi blog kita yang kita terapkan melalui Sosial media bukanlah masa depan dari SEO sendiri, melainkan sebagai sarana pendukung alat optimasi seo blog kita karena Tidak adanya sosial media pasti akan
mempengaruhi SEO pada blog kita sendiri karena tidak ada proses optimasi dengan teknik link building sebagai bahan backlink yang berkualitas buat situs maupun blog kita.
Kedua konsep ini membentuk sebuah teknik yang saling mendukung satu sama lain dari search engine optimization hingga social media optimization sebagai media optimasi blog agar mendapat peringkat terbaik di berbagai search engine.